UN Ujian Nasional 2020 Resmi DIbatalkan Karena Wabah Corona Covid 19

Mendikbud Nadiem Makarim Umumkan UN Dibatalkan

UN 2020 dibatalkan untuk antisipasi menyebarnya corona, berikut ini sebab dan alasan penjelasan dari Mendikbud Nadiem Makarim :

Alasan No 1

Prinsip dasar dari kementerian pendidikan dan kebudayaan yang terpenting adalah keamanan dan kesehatan daripada siswa atau peserta didik kita dan keamanan keluarga

Kalaupun kita melaksanakan ujian nasional di dalam tempat - tempat ujian yang dita kumpulkan dapat menimbulkan resiko kesehatan bagi kesehatan, keluarga ataupun kakek nenek siswa kita. Karena jumlahnya begitu besar 8 juta siswa yang akan ditest dengan UN Ujian nasional jadi karena itu UN itu dibatalkan untuk 2020. Kita juga sudah tau jika UN bukan syarat kelulusan ataupun seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Setelah ditimbang lebih banyak resikonya daripada keuntungannya untuk melanjutkan UN. Ada beberapa yang perlu diperhatikan, artinya US Ujian sekolah masih bisa dilakukan masing-masing sekolah tapi tidak diperkenankan test tatap muka untuk mengumpulkan siswa pada sebuah ruangan kelas, ini tidak boleh dilakukan.
Ujian sekolah bisa diadministrasi sekolah bisa melakukan melalui online jika mau ataupun dengan angka dari nilai 5 semester terakhir yang bisa ditentukan oleh masing-masing sekolah. Kemendikbud tidak memaksakan ujian sekolah harus mengukur ketercapaian kurikulum sampai terakhir ini yang terdampak oleh bencana covid 19.
Untuk PPDB 70% sudah zonasi sisanya jalur prestasi itu menggunakan bisa ada 2 opsi, akumulasi nilai rapor 5 semester terakhir atau prestasi siswa akademik dan non akademik di luar sekolah dan lain-lain, sehingga pembatalan UN harusnya tidak berdampak pada penerimaan siswa baru maupun SMP dan juga SMA.


Diluar itu kemendikbud menganjurkan beberapa hal, bagi daerah yang sudah melaksanakan belajar dari rumah agar dipastikan gurunya juga mengajar dari rumah untuk menjaga keamanan, kemendikbud juga menekankan walaupun banyak sekolah melaksankan belajar dari rumah bukan berarti gurunya hanya memberikan pekerjaan rumah saja namun juga berpartisipasi berkomunikasi untuk membimbing peserta didik. Jadi guru benear-benar mengajar dan membimbing dari rumah.


Kemendikbud juga mengaharapkan untuk serius dalam mengikuti arahan sosial distancing dan fisikal distancing terutama bagi yang tinggal dengan orang tua di atas umur 60, mohon tidak membahayakan orang lanjut usia 60 keatas karena mereka yang paling rentan dengan viris corona.

Sekian informasi mengenai pembatalan UN 2020 karena antisipasi virus corona covid 19.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel